Jika Zona Waktu Dijadikan Satu – Penerbangan tak Berpengaruh

JAKARTA – Mantan anggota Kaukus Penerbangan DPR RI, Alvin Lie, berpendapat, rencana penyatuan zona waktu dari tiga menjadi satu zona oleh pemerintah tidak akan memberikan perubahan besar di industri penerbangan. Pasalnya, dunia penerbangan mengacu pada Greenwich Mean Time (GMT) bukan zona waktu lokal seperti Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Tidak banyak pengaruhnya. Karena penerbangan itu mengacu pada UTC (Co-ordinated Universal Time) atau GMT sebagai waktu internasional,” ujar Alvin ketika dihubungi Kompas.com, Senin (12/3/2012).

Industri penerbangan, menurut Alvin, tidak menggunakan zona waktu lokal, seperti WIB di Indonesia. Hanya penumpang yang mengacu pada zona waktu lokal. Sehingga, bagi penumpang, terasa ada penyesuaian waktu ketika berpergian berbeda wilayah zona waktu.

“Misalnya dari Jakarta ke Denpasar. Penerbangan kan kurang lebih 1,5 jam. Harusnya sampai jam 15.30 WIB tapi kan jadi berubah menjadi 16.30 Wita (Waktu Indonesia Tengah). Kelihatan terbang lama (bagi penumpang), tapi kan sebenarnya sama saja,” terang mantan pilot ini.

Jadi, kata dia, penyatuan zona waktu tidak ada pengaruh yang signifikan buat maskapai hingga pengatur lalu lintas udara. Rencana itu pun tidak serta merta membuat jam penerbangan pesawat bisa bertambah. “Sama sekali tidak (berpengaruh pada penambahan jam terbang),” pungkas Alvin.

Seperti diwartakan, pemerintah berencana menyatukan wilayah waktu Indonesia yang sekarang ini dibagi menjadi tiga zona waktu yaktu Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Tengah (Wita) dan Timur (WIT). Rencananya, pemerintah akan memakai Wita atau GMT+8 sebagai patokan. Ini dilakukan diantaranya demi efisiensi birokrasi dan peningkatan daya saing ekonomi. “GMT+8 adalah menyampaikan Indonesia menjadi satu waktu,” sebut Edib Muslim, Kadiv Humas dan Promosi KP3EI (Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), di Bogor, Sabtu (10/3/2012).

Sumber : Kompas.com – Bangka Pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: